Kawah Putih

Sekitar jam 6pagi, kami sudah harus bergegas meninggalkan Garut untuk melanjutkan perjalanan terakhir migratoria yang ditutup dengan mengunjungi Kawah Putih dan Cihampelas Walk yang berada didaerah Bandung. Pada saat menuruni bukit untuk kembali ke bis, pemandangan disekitar sangat indah sekali bahkan lebih indah dari hari kemarin.

v  Kawah Putih

Perjalanan menuju kawasan Kawah Putih ditempuh selama ± 6jam. Kawah Putih terletak di Gunung Patuha, sebuah gunung yang terdapat di Jawa Barat. Kawah dari Gunung Patuha inilah yang dijadikan obyek wisata yang menarik dengan nama Kawah Putih.

(Sumber:http://putrichairina.wordpress.com/2009/04/17/panorama-kawah-putih-ciwidey-kabupaten-bandung-indonesia/)

Dari gapura tersebut, kami harus menaiki mobil yang biasa disebut “ontang-anting”. Mobil ini memang khusus untuk antar-jemput wisatawan yang berkunjung ke Kawah Putih. Masih ada sekitar 5km yang harus dilalui, sepanjang perjalanan kita bisa melihat hutan hujan tropis dan Eucalyptus. Pada saat menuruni tangga, disisi kiri jalan terdapat alunan kecapi dengan nuansa musik Sunda yang membuat suasana semakin dramatis.

(Sumber: http://putrichairina.wordpress.com/2009/04/17/panorama-kawah-putih-ciwidey-kabupaten-bandung-indonesia/)

Seperti yang diungkapkan oleh sebuah sumber di internet, kawah ini (2.194m dpl) sebenarnya terbentuk akibat letusan Gunung Patuha pada abad X dan XII silam, yang memiliki ketinggian 2.434m diatas permukaan laut dan bersuhu sekitar 8-220 C.

Air kawah ini katanya sedikit berbeda dengan kawah lain di Jawa Barat. Warna air yang terang dan selalu berubah-ubah akhirnya menjadi daya tarik tersendiri. Permukaan kawah umumnya berbatu dan berpasir warna putih, sehingga kawah ini kemudian dikenal sebagai Kawah Putih. Didekat tempat ini pula ditemukan sebuah goa sedalam 5 meter yang pernah dipakai sebagai tambang belerang. Tak heran jika beberapa kawah tiba-tiba beruap banyak, dan pengunjung didapati terbatuk-batuk akibat menghirup hawa belerang yang berbau sangat tajam.

(Sumber: Kikin H. Mutaqin)

Cihampelas Walk

Cihampelas Walk berada di area belanja busana (tepatnya pusat toko jeans) jalan Cihampelas Bandung yang sejak lama telah terkenal sebagai salah satu tujuan wisata baik lokal maupun mancanegara. Meskipun kondisi pada saat itu hujan, tapi tak menghalangkan niat kami untuk menjelajahi daerah Cihampelas. Selama ± 1,5jam berada di daerah Cihampelas, kami pun harus menyudahi perjalanan ini untuk segera kembali ke Bogor.

Sampai ketemu lagi di Fieldtrip tahun depan.

Migratoria.. MANTABH..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: